10 Cara Klaim Garansi Printer Canon : Syarat & Prosedur

Cara Klaim Garansi Printer Canon – Setiap pembelian barang elektronik merek Canon atau merek lainnya, kita tentu akan mendapatkan yang namanya kartu garansi. Nah kartu garansi ini bisa digunakan sebagai syarat untuk melakukan klaim garansi apabila produk elektronik yang kita beli mengalami error atau kerusakan. Cara klaim garansi juga tentunya memiliki syarat ketentuan yang harus dipahami lebih dulu oleh kalian yang ingin melakukan klaim.

Nah membahas mengenai klaim garansi, pada pertemuan kali ini kami akan menginformasikan kepada kalian mengenai cara klaim garansi printer Canon. Khusus kalian yang sudah membeli printer Canon namun mengalami kerusakan atau error, kalian bisa segera mengajukan klaim garansi agar unit tersebut bisa ditukar dengan unit yang baru lagi atau bisa juga diperbaiki. Masalah seperti ini memang umum terjadi, sehingga hampir setiap produsen elektronik tak terkecuali Canon akan memberikan garansi kepada setiap pembeli.

Seperti sudah kami jelaskan sedikit diatas bahwasanya proses klaim garansi printer Canon sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Namun kalian harus mengetahui juga syarat ketentuannya lebih dulu. Informasi terkait syarat ketentuan dan juga bagaimana prosedurnya akan kami sampaikan nanti. Perlu diketahui bahwasanya pengajuan klaim hanya dapat dilakukan melalui kantor Service Center Canon. Hampir di setiap kota, kantor Service Center juga tersedia sehingga kalian bisa dengan mudah mengajukan klaim jika printer Canon yang dibeli mengalami mal fungsi atau adanya kerusakan di bagian tertentu.

Selain membagikan informasi utama mengenai syarat dan juga cara klaim garansi printer Canon, kami juga akan membagikan tutorial seperti apa cara cek masa garansi printer Cannon dan beberapa pembahasan penting lainnya. Cek masa garansi memang sangat penting disini, dan ini juga merupakan salah satu syarat penting yang nantinya dibutuhkan. Baiklah daripada penasaran seperti apa pembahasannya, lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai syarat dan cara klaim garansi printer Canon yang telah kami siapkan berikut ini.

Cek Masa Garansi Printer Canon

Pada pembahasan pertama kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai cara cek masa garansi printer Canon. Hal yang perlu diketahui sebelum mengajukan klaim garansi adalah dengan memastikan jika printer Canon yang kalian beli dari toko Canon resmi. Ini menjadi hal penting untuk menghindari barang KW yang jika bermasalah, maka sudah pasti tidak akan bisa di komplain ke pihak Canon. Nah untuk mengetahui apakah printer masih dalam masa garansi atau tidak, kalian bisa temukan serial number terlebih dahulu.

Serial Number atau nomor seri produk yang ada pada printer Canon biasanya terdapat pada bodi printer yang bisa kalian temukan dengan mudah. Setiap printer Canon yang dibeli tentu memiliki stiker yang berisi serial number atau nomor seri produk. Untuk setiap tipe printer Canon biasanya berbeda-beda, ada yang berada di sisi kiri, kanan atau bawah. Jadi kalian bisa cek lebih dulu. Nah jika sudah, kalian bisa catat nomor seri produk tersebut dan kemudian buka situs resmi Canon di alamat https://id.canon/id/consumer.

Atau kalian juga bisa langsung menuju alamat (https://service.id.canon/warrantystatus) untuk langsung ke halaman nomor seri produk. Nantinya akan ada formulir yang harus kalian isi, masukkan nomor seri produk dan kemudian klik Proses untuk melihat status masa garansi printer tersebut. Jika berhasil, maka dapat dipastikan bahwa printer kalian ORI bukan KW, dan jika masa garansi masih tersedia, maka klaim garansi bisa dilakukan.

Syarat Klaim Garansi Printer Canon

Setelah mengetahui informasi diatas, berikutnya kita akan bahas mengenai syarat ketentuan klaim garansi printer Canon. Untuk melakukan klaim, disini kalian harus mengetahui beberapa syaratnya, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki bukti pembelian atau nota pembelian. Selain itu tanggal faktur pembelian juga tidak melebih masa garansi.
  2. Printer Canon yang dibeli harus berasal dari seller atau reseller resmi Canon. Perhatikan hal ini, sebab jika pembelian bukan dari agen resmi, klaim tidak akan diterima oleh pihak Canon.
  3. Pastikan juga bahwa sumber kerusakan printer atau masalah error pada printer bukan dari kesalahan pengguna.

Beberapa klaim kemungkinan besar bisa diterima oleh pihak Canon jika printer memang bermasalah ketika pemakaian normal. Seperti hasil cetak kurang jelas, mati total atau ada bunyi yang tidak norma dan sebagainya. Jika kalian sudah yakin, maka kalian hanya perlu mendatangi Service Center Canon terdekat di lokasi kalian.

Cara Klaim Garansi Printer Canon

Masuk ke pembahasan utama mengenai cara klaim garansi printer Cannon, di bawah ini dapat langsung kalian simak langkah-langkah mengajukan klaim garansi printer Canon.

  • Langkah pertama kalian bisa mengunjungi lokasi Service Center Canon yang ada di daerah kalian.
  • Sesampainya di lokasi kantor Service Center, silahkan kalian temui petugas dan sampaikan bahwa kalian ingin mengajukan klaim garansi unit.
  • Nantinya petugas biasanya akan meminta informasi terkait kerusakan apa yang terjadi dan juga meminta kartu garansi kepada kalian.
  • Jelaskan secara detail terkait masalah pada printer tersebut dan juga serahkan kartu garansi ke petugas.
  • Nah apabila dirasa semuanya telah memenuhi syarat ketentuan untuk klaim garansi, maka proses klaim akan disetujui.
  • Disini kalian akan diinformasikan bahwa unit akan segera di perbaiki atau bisa juga di ganti dengan unit yang baru.
  • Dalam masa garansi, ketika ada kerusakan kalian tidak akan dibebani dengan biaya alias gratis, bahkan untuk penggantian unit sekalipun juga gratis.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai syarat dan cara klaim garansi printer Canon serta cara cek masa garansi printer. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat eprinter.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.