Printer Epson L3110 Error 000043 : Penyebab & Cara Mengatasi

Printer Epson L3110 Error 000043 – Jika bicara mengenai Printer, mungkin pikiran kalian langsung tertuju pada beberapa Merk Printer terbaik, salah satunya adalah Epson. Sampai saat ini Epson sudah merilis banyak sekali tipe Printer, salah satunya Printer Epson L3110.

Apakah salah satu dari kalian disini ada yang menjadi pengguna Printer Epson tipe tersebut? Jika demikian, selama menggunakan Printer Epson L3110, pernahkah kalian mengalami masalah berupa Error 000043 ?

Error 000043 merupakan salah satu kendala yang cukup sering dialami pengguna Printer Epson L3110. Lalu, apakah masalah ini bisa berdampak buruk pada kondisi perangkat Printer tersebut?

Disamping itu, apa penyebab dari masalah itu sendiri dan bagaimana cara mengatasinya? Jawaban nya bisa kalian temukan pada ulasan di bawah ini.

Printer Epson L3110 Error 000043

Printer Epson L3110 Error 00043

Bagi kalian para Mahasiswa atau Pelajar tentu membutuhkan alat bernama Printer untuk mencetak dokumen, tugas dan lain sebagainya. Atau kalian yang mungkin memiliki bisnis percetakan, alat ini juga menjadi salah satu senjata utama.

Tapi perlu diketahui bahwa penggunaan perangkat ini tidak bisa lepas dari yang namanya Error atau masalah. Khusus buat kalian yang menggunakan Printer Merk Epson tipe L3110, apakah Printer tersebut pernah muncul Kode Kesalahan 000043?

Seperti kami sebutkan diatas bahwa Printer Epson L3110 seringkali mengalami Error 000043. Dalam kondisi ini, ketika Printer dihidupkan maka akan muncul bunyi seperti kertas ditarik (seolah olah mau ngeprint) padahal tidak sedang melakukan aktivitas tersebut.

Selain itu masalah ini juga bisa diketahui dengan lampu Power dan indikator Kertas dan Tinta berkedip secara bersamaan. Lalu pada saat di coba ngeprint Dokumen, di layar Komputer akan tertera keterangan “Kode Kesalahan 000043

Dampaknya apa? Error 000043 sendiri termasuk dalam kategori kerusakan ringan yang tidak membahayakan perangkat. Tapi jika terjadi masalah ini, alangkah baiknya kalian segera mencari tahu bagaimana solusinya.

Apakah perlu memanggil Teknisi dari Service Center Epson untuk menangani masalah ini? Tenang, kalian bisa mengatasi Error ini sendiri menggunakan alat seadanya, tanpa perlu bantuan Teknisi.

Tapi ingat, dalam proses menangani Error 000043 kalian harus memperhatikan langkah-langkahnya, jangan sampai salah. Sebab, nantinya kalian perlu membuka beberapa komponen inti dari perangkat tersebut.

Penyebab Error 000043

Lalu apa yang menyebabkan Printer Epson mengalami kode kesalahan 000043 ? Dari sekian banyak kasus Error 000043, masalah ini seringkali terjadi karena Pembaca Sensor sudah tidak lengket akibat cairan pelumas yang mengenai bagian tersebut.

Disamping itu, Kode Kesalahan 000043 juga biasanya terjadi pada Printer yang jarang dilakukan Cleaning, baik itu dengan cara manual maupun otomatis. Lalu Printer Epson L3110 yang sering melakukan aktivitas cetak dokumen, cetak foto, melakukan Scan dan lain sebagainya juga cukup rentan terkena masalah ini.

Cara Mengatasi Error 000043

Jika sudah seperti itu, bagaimana cara mengatasinya? Seperti kami sebutkan diatas bahwa untuk mengatasi Kode Kesalahan 000043 pada Printer Epson L3110 kalian bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus meminta bantuan Teknisi.

Sebelum itu, kalian siapkan terlebih dahulu beberapa alat sebagai berikut :

  • Obeng untuk membuka Casing Printer
  • Cairan Alkohol
  • Kapas / Kain Kasa
  • Penyemprot debu

Setelah semuanya disiapkan, lanjut ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki Error 000043 pada Printer Epson L3110 :

1. Matikan Printer Epson L3110

Langkah pertama silahkan matikan Printer dengan cara menekan tombol Power. Setelah itu cabut kabel Power dan kabel USB di Printer.

2. Bersihkan Bagian Sensor

Setelah itu bongkar casing Printer untuk mengakses bagian Sensor Printer. Selanjutnya lepaskan Sensor dan bersihkan menggunakan cairan Alkohol sampai benar-benar bersih. Jangan lupa, untuk membersihkan juga bagian gerigi nya dari cairan-cairan yang membuat pengerat Sensor tidak lengket.

3. Ganti Pengerat Pada Sensor

Sekarang, kalian bisa memakai Double Tip, Lem Tembak atau sejenisnya untuk mengganti pengerat pada Sensor. Jika sudah, pasang kan kembali Sensor ke posisi semula. Lanjut memasangkan kembali casing Printer.

4. Lakukan Test Print

Terakhir, pasang kembali kabel Power dan USB untuk menghidupkan Printer. Setelah itu coba lakukan cetak dokumen untuk memastikan apakah Error 000043 pada Printer Epson L3110 sudah teratasi atau masih ada.

Setelah melakukan cara diatas, kami sarankan untuk melakukan Cleaning Printer juga. Proses tersebut berguna untuk membersihkan Printer dari segala macam Bug yang bisa menimbulkan masalah lain. Jika sudah dilakukan Cleaning dan hasilnya jernih, selanjutnya coba lakukan Restart Printer Epson L3110.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Eprinter.id terkait penyebab Printer Epson L3110 Error 000043. Bukan hanya informasi penyebab, diatas kami juga menjelaskan secara lengkap bagaimana langkah-langkah memperbaiki Printer Epson L3110 yang mengalami Kode Kesalahan 000043 / 034004

sumber gambar :

  • Tim Eprinter.id
  • Channel Youtube Pakdhe Bengal Official